Ekstrak kebahagiaan, Pollyanna

Pollyanna – Eleanor H. Porter

Orange Books

312 halaman

Oktober 2010

 

 

Pollyanna

 

Inilah sebabnya kenapa saya suka membaca cerita klasik. Kisahnya indah, ga neko-neko, mungkin ada sedikit masalah, klimaks yang secukupnya (ga bikin hati dag dig dug)dan ending pas.

Hati hangat dengan senyum simpul di bibir saya setelah membaca halaman terakhir Pollyanna membuat saya memberikan bintang 5 untuk buku ini.

Kisahnya sih standar, gabungan antara Anne of Green Gables dan A Little Princess, berkisah tentang anak perempuan yatim piatu yang diasuh oleh kerabatnya yang kersa hati, judes dan pada akhirnya luluh dengan semangat dan keceriaan yang dibawa oleh sang anak.

Pollyanna, namanya.
Tidak cantik-cantik banget, apalagi ia merasa bintik-bintik di wajahnya cukup banyak. (mirip Anne yang merasa minder dengan rambut merahnya)

Pollyana yang dalam waktu singkat berhasil merubah desa tempat ia tinggal menjadi desa yang ceria.

Permainan kebahagiaan, yang merupakan inti dari kisah Pollyanna ternyata adalah permainan yang wajib kita mainkan sampai saat ini. “Dan biasanya selalu ada yang menyenangkan dalam segala hal, bila kau berkeras untuk menemukannya” – Pollyannna hal.66

Ada satu adegan yang membuat saya tersenyum geli, nah di suatu ketika tukang kebun Pollyanna mengalami encok jadi jalannya agak bungkuk, “nah mana ada kebahagiaan kalau situasinya begini” pikirnya.

Pollyanna menjawab “Wah, kalau bungkuk gitu, kan jadi tidak terlalu susah untuk menyiangi rumput??”

Hihihihi, okeh good point, girl!

Sekarang hal terberatnya, pengejawantahannya. Baca sih gampang, tapi bagaimana kita selalu memandang hal positif tentang segala hal seperti Pollyanna itu yang berat. Wong panas dikit ngeluh, banjir becek protes.

Terima kasih gadis kecil, kau mengingatkan saya untuk senantiasa bersyukur. Hal yang mudah tapi entah kenapa terkadang kita lupa melakukannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s