Stargirl

Gara-gara komen Ana, jadi keinget buku ini yang menurut saya pantas dibaca oleh semua remaja selain buku Are you there God, it’s me Margaret. Reviewnya saya kopas dari goodreads *males review ulang* :p

Stargirl - Jerry Spinelli

Stargirl. Judul yang menarik. Cover bukunya pun juga indah, simpel tapi memikat dan membekas di hati.
Demikian juga Stargirl itu sendiri. Menarik, memikat dan membekas di hati walaupun buku ini sudah kelar saya baca seminggu yang lalu.

Stargirl, murid baru kelas 1 SMU MICA. Ia ke sekolah memakai gaun putih yang sangat panjang dan berkerut-kerut. Di punggunggnya selalu tersampir ukulele dan tikus kecil piaraannya. Setiap ada anak berulang tahun ia selalu menyanyikan lagu happy birthday padahal ia hampir tidak punya teman di sekolah. Mengapa? Karena banyak orang menganggapnya aneh.

Stargirl, di saat hujan turun dan teman-temannya bergegas masuk kelas, Stargirl masih ada di luar dan ia menari-nari dalam hujan. Perilakunya senantiasa membuat orang di sekitarnya bahkan saya sebagai pembaca terkaget-kaget.

Adalah Leo Barlock, pemuda kelas 2 SMU yang jatuh hati dengan Stargirl. Ternyata gayung bersambut. Stargirl pun menyukainya. Kisah cinta mereka pada awalnya berjalan sangat indah. Sampai saya pun ikut senang membacanya, jadi inget kisah cinta monyet jaman SMA dulu. Hakhak. Okeeeh, lanjut ke Stargirl.

Dunia seakan milik berdua. Seoalh-olah hanya Leo dan Stargirl yang menjadi penghuninya. Saling tersenyum, bergandengan tangan. Sampai suatu saat Leo tersadar. Ada yang berbeda.
Teman-temannya tak lagi mengajaknya bicara.
Tidak mengangguk.
Tidak tersenyum.
Bahkan tidak memandang.

Kenapa? Karena Leo berpacaran dengan seorang Stargirl. Stargirl yang aneh.

Leo bimbang. Di satu sisi ia sayang dengan Stargirl, di sisi yang lain ia ingin teman-temannya kembali seperti dulu.

Leo pun meminta Stargirl berubah. Berpakaianlah seperti layaknya anak SMU. Tidak dengan gaun panjang berkerut. Tidak dengan ukulele dan yang pasti tidak membawa tikus. Akankah Stargirl berubah demi Leo?

Find out yourself🙂
Buku ini masuk ke daftar must read menurut saya.

Terlebih lagi di saat sekarang ini. Ke mana mata memandang, segerombolan ABG entah itu di mall, di pantai, di rumah makan hampir semua gaya berpakaiannya sama.
Perempuan : celana pendek, baju kaos gahool, hp qwerty ga masalah itu nexian ato blueberry yang penting eksis.
Laki-laki : kemeja kotak-kotak ala Kristin Stewart di pilem twilight, sepatu putih, rambut ala Ariel peterpan dengan earphone terpasang di ipodnya.

Dare to be different. Mungkin itu yang Stargirl lakukan. Ia tidak masalah tampil beda. Dan ia tidak peduli omongan orang lain, selama ia nyaman dengan dirinya sendiri dan tidak merugikan orang lain, why not?

4 thoughts on “Stargirl

  1. Zenia says:

    Hm…kayaknya aku enggak suka deh sama ceritanya😦 enggak suka karena Leo bersikap seperti itu, meminta Stargirl untuk berubah hanya ‘demi’ supaya dirinya bisa diterima oleh temen-temennya.

    I know…I know…bahwa waktu remaja hal seperti itu lumrah…cuma aku yang enggak habis pikir itu aja.

    Seinget ku, aku juga pernah ngalamin yang namanya enggak nyaman dengan tubuh sendiri, pake baju yang berbeda dengan temen-temen yang lain, tapi somehow deep down seingetku enggak ada tuh niatan untuk merubah penampilan supaya bisa fit in…lah sama penampilan asli aja enggak nyaman gimana sama penampilan orang lain?

    Tentang anak-anak ABG…kalo yang cewek kemungkinan besar iya hahaha…celana pendek tiba-tiba menjadi booming…dan yang namanya BB omg kayaknya semua pada pegang BB (dan juga mungkn nexian or nokia)…sedangkan yang cowok…hm…jarang merhatiin…tapi mungkin juga karena jarang ketemu gerombolan anak cowok jalan di mal hahaha…

  2. miamembaca says:

    Haha ya bener banyak yang ga suka karakter Leo di sini, auranya kalah dengan Stargirl tapi somehow cocok mungkin karena bisa mengimbangi karakter Stargirl.

    Tapi secara keseluruhan bagus Ze buku ini jadi yang bukan cuma cinta-cintaan biasa, walau tidak sedepresi bukunya Laurie Anderson lho ya hahaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s