January – 2011

Saya berniat merapikan folder to read, have read dan wish list di Goodreads, kebetulan pula per tahun ini di Goodreads sendiri ada program book challenge, kita sendiri yang tentukan jumlahnya dan progressnya juga langsung terlihat di profile. Berkaca pada tahun lalu, tahun ini saya mencoba membaca 100 buku. Bisa tidaknya, tunggu 11 bulan lagi🙂

List bacaan bulan Januari :

1. Waiting for You – Susane Colasanti. 2 bintang karena ceritanya gampang ditebak, walau sama-sama mengangkat tema anak ABG buku ini beda jauh dengan buku karangan Sarah Dessen.

2. Mini Shopaholic – Sophie Kinsella. 2 bintang. Buku pertama seri shopaholic yang saya baca dan sepertinya cukup sampai di sini, terlalu klise, padahal buku-buku Kinsella lainnya bagus-bagus semua.

3. Angel’s Cake – Gaile Parkin. 3 bintang, menarik walau cerita yang tanpa klimaks sempat membuat saya tersendat-sendat membacanya.

4. The bartimaeus, Amulet of Samarkhand Graphic Novel. 5 bintang. Barti dalam versi komik, hell yeah!

5. Warna Langit – Kim Dong Hwa. 4 bintang, tidak sefenomenal buku pertama dan keduanya namun trilogi serial langit ini ditutup dengan indah oleh KDH.

6. To Kill a Mockingbird – Harper Lee. 5 bintang, belum sempat review buku bagus ini. Saya merekomendasikan buku ini ke beberapa teman, dan ada yang bilang terlalu sedih ada yang bilang terlalu datar. Memang sih awal-awalnya bingung namun lama-lama saya jatuh cinta dengan Scout, anak kecil 8 tahun yang pintar apalagi Atticus sang ayah yang digambarkan begitu simpatik dan bijaksana oleh pengarang. Melihat topik yang diangkat pada jaman itu, buku ini luar biasa.

7. Guess How Much I Love You – Sam McBratney. 5 bintang, buku anak-anak sudah pernah saya posting juga beberapa waktu lalu.

8. Catalyst – Laurie Halse Anderson. 3 bintang, tidak sefenomenal Wintergirls tapi gaya penceritaan Anderson kembali memikat saya.

9. The Zahir – Paulo Coelho. 3 bintang, pencarian makna cinta sejati. Bagus, walau di pertengahan kisah ini berjalan lambat.

10. Things Your Mother Never Told You – Olivia Lichtenstein. 3 bintang, hadiah ultah dari sahabat. Membaca buku ini penuh perjuangan sempat bosan dan terhenti malah sempat dipinjam teman saya di Jakarta, dan berhasil saya tamatkan bulan lalu. Saya selalu tertarik buku dari 2 era berbeda, kisah si ibu dan anak. Mirip-mirip resep perkawinan sempurna yang sudah diterbitkan oleh gramedia tahun lalu.

11. Water for Elephant – Sara Gruen. 5 bintang, 9 bintang kalau boleh! A must read book. Bagus banget! Errr belum review juga :p

12. Spells – Aprylinne Pike. 4 bintang, sekuel dari Wings yang akan segera diterbitkan gramedia. Setelah berkutat dengan buku-buku serius, selalu menyegarkan untuk kembali membaca fantasi. Apalagi ceritanya juga bagus, menyesal pas di Kino ga beli buku ke3nya.

13. The Unknown Errors of Our Lives – Chitra Banerjee Divakaruni. 3 bintang, kumpulan cerita dengan penokohan kuat khas Divakaruni. Walau ada beberapa cerita yang tidak saya mengerti maksudnya, cerita pertama di buku ini bagus sekali.

14. Pewaris Tahta Will Wolfkin – Steven Knight. 2 bintang, from hero to zero, anak laki-laki lumpuh yang ternyata adalah pewaris tahta di negeri antah berantah. I guess i had enough Percy and Harry.

15. Where the Mountain Meets the Moon – Grace Lin. 5 bintang, review di postingan sebelumnya.

Plus 3 komik serial Shanaou Yoshitsune dan 1 buku graphic novel Legend of Legends yang ternyata hasil karya anak negeri.

Cukup puas juga dengan bacaan bulan lalu. Water for Elephant menjadi buku favorit Januari, bagaimana dengan kalian?🙂

pic from prettybooks.tumblr.com

books and happy bunny year!

2 thoughts on “January – 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s