Jane Eyre

Bagi penggemar buku klasik tentu tak asing lagi dengan Jane Eyre. Saya sendiri belum pernah membaca buku klasik yang berat tebal-tebal begini ala Pride and Prejudice. Tapi kalau seperti Secret Garden, A little Princess dan seri Anne of Green Gables saya baca dan suka banget.

Balik ke Jane Eyre, saya memutuskan bergabung di The Book Club yang digagas oleh pengarang muda berbakat Winna Efendi. Kebetulan buku yang dipilih untuk bulan Maret adalah Jane Eyre, pas juga karena buku ini sendiri filmnya akan tayang tahun ini. Terlebih lagi sampul buku klasik terbitan Gramedia cukup bagus untuk dikoleksi.

Jane Eyre - Indonesian cover

Menariknya lagi, tokoh Jane akan diperankan oleh Mia Wasikowska. Saya sudah tertarik dengan gadis ini sejak ia memerankan gadis keras kepala yang bermasalah di serial In Treatment. Bintangnya semakin bersinar sejak ia memerankan Alice  di film Alice in Wonderland. Bisa jadi kariernya akan makin berkembang karena Mia cukup konsisten dan beragam dalam memilih perannya. Huft, nama sama tapi nasih kok beda ya😀

Jane Eyre - movie poster

So, classic book for March 2011. Bring it on.

10 thoughts on “Jane Eyre

  1. ana says:

    sori ya jeng aku sering banget komentar2 sana-sini, tapi aku seneng aja sama tampilan blog yang ini, fresh gitu, enak juga ngbaca tulisan2 mu yang lucu (macam nasib yang berbeda antara mia yang ini sama yang itu.. hehehhe)

    btw Jane Eyre kan juga lagi di jadiin challenge sama goodreads. Unfortunately, my office have blocked Goodreads.com,😦 poor me..

    • miamembaca says:

      Huaaa malah seneng dong kalo dikasih komen Ana🙂 Iyah blom sempet keluar jadi blom beli bukunya tapi kalau ada di rental mau coba pinjem deh Jane Eyre ini.

      Iya, sempet baca di postinganmu, haduuh goodreads diblok😦 Ana kerja di mana memangnya? #kepo

  2. Zenia says:

    Ah…Jane Eyre…sok kayak pernah baca aja hahahaha….

    Jane Eyre emang klasik yang…meskipun happy end (kesukaan aku)tapi entah mengapa tidak tertarik untuk dibaca….hm…

    Yang menarik sebenernya adalah Charlotte Bronte itu sendiri, kakak beradik dengan Emily Bronte (Charlotte anak pertama) yang mengarang “Wuthering Heights”.

    Oke…setelah mengintip mas wikipedia, kayaknya tahu kenapa aku enggak gitu tertarik baca “Jane Eyre”, karena ceritanya atau tema ceritanya yang agak gelap. Kalau dibandingkan dengan Jane Austen, kisah Charlotte Bronte memang gelap.

    Berasa ‘gelap’ gak Mia? Kalau dibandingkan dengan seri Anne of Green Gables dan Secret Garden gimana?😀

    • miamembaca says:

      Waks beda tipe kali Ze sama Secret Garden dan Anne, btw Anne ada keluar versi manganya. Keren lho, gambarnya sama dengan yang buat Candy-Candy.

      Blom ada di tangan ini buku, nanti deh diapdet-apdet lagi beritanya🙂

  3. astridfelicialim says:

    Mia..aku coba baca Jane Eyre yang bhs inggris dan langsung mabok berat hahaha…ceritanya bagus sih, tapi bahasanya flowery banget..semoga terjemahannya bagus yak =)

    • miamembaca says:

      WidiwAstrid hebat baca Inggrisnya aku nyerah deh kalo bc buku asli klasik begini hihihi. Oia, Pride and Prejudice juga mau diterbitkan oleh byk penerbit ya? Yang cover terjemahan dari Bukune baguss🙂

  4. melmarian says:

    Hai hai! *nimbrung*
    Aku baru selesai baca Jane Eyre nih.
    Menurutku bagus, tapi nggak semua orang (terutama penggemar roman) yang bisa menikmati buku ini.

    Yang pertama, karena memang muatan bukunya berat (beberapa adegan percakapan antara Jane & Mr. Rochester cukup bikin pikiran bekerja keras mencernanya). Charlotte Bronte ternyata sangat detail kalo menulis kisah.

    Yang kedua, karena ini roman klasik jadinya ini roman yang “sopan”. Adegan paling mesra ya cuma kiss, itupun nggak dideskripsikan begitu rupa seperti roman jaman kini. Kalo dibandingkan sama Secret Garden jelas beda soalnya SG itu cerita anak-anak. Klo sama Anne of Green Gables nggak tahu ya karena belum baca.
    Tapi overall nilai2 yang dibawa roman ini bagus!
    Aku lagi menyusun reviewnya, mudah2an besok udah siap diluncurkan di http://surgabukuku.wordpress.com (promosi! hehehe)

  5. JNYnita says:

    Bagusan mana sama a little princess?? dari novel klasik anak gramedia, aku baru baca itu.. mau beli-beli lagi, tapi bingung yang mana dulu…hehehe… salam kenal ^^„

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s