Nights in Rodanthe – Nicholas Sparks

Sekali lagi saya terpesona oleh gaya penceritaan Nicholas Sparks. Mendayu-dayu tapi tidak menye-menye. Romantis namun tidak bombastis. Ceritanya mudah ditebak, walaupun begitu tetap saja saya dibawa ikut dalam irama drama yang naik turun.

Nights in Rodanthe

Nights in Rodanthe

Hebatnya lagi begitu jelas dan detilnya Nic Sparks menceritakan bagaimana kisah cinta dua manusia di usia yang tak lagi muda, namun tetap sangat menarik. Saya ikut merasakan getar dan gelora asmara yang dialami kedua tokoh utama Nights in Rodanthe. Plus saat mengetahui endingnya, saya tak tahan untuk tidak mengeluarkan air mata.

Dibilang happy ending nggak. Dibilang sad ending pun tidak. Yang jelas selesai membaca buku ini, saya sangat merasakan ketulusan sebuah cinta sejati, tak lekang oleh waktu. Mau tak mau teringat kisah mama dan papa saya sendiri. Mereka bertemu di saat usia papa yang tidak muda lagi, 37 tahun. Tahun 1979 mereka menikah dan tahun 1990 mama saya meninggal. Cukup singkat kebersamaan mereka, tapi sampai saat ini, detik ini, kapanpun papa menceritakan soal mama, beliau menceritakan mama dengan pancaran cinta yang tak pernah berubah. Terkadangpun saat kami duduk bareng, papa masih berbicara seakan-akan mama saya masih ada, “Min, anakmu sudah besar sekarang. Mia sudah bisa cari uang sendiri lho, lihat saja bukunya semakin numpuk tiap hari”
*kenapa jadi nyesek ya :p*

Yah seperti itulah. Dan perasaan ‘nyesek’ itu yang saya rasa saat membaca buku ini. Sesak sedih, sesak bahagia juga. Mengetahui bahwa orang yang dicinta sudah tenang di alam sana namun cinta dan semangat itu akan tetap ada.

Jadi teringat lagu To where you are, Josh Groban
Who can say for certain
Maybe you’re still here
I feel you all around me
Your memories so clear

Deep in the stillness
I can hear you speak
You’re still an inspiration
Can it be
That you are mine
Forever love
And you are watching over me from up above

Fly me up to where you are
Beyond the distant star
I wish upon tonight
To see you smile
If only for awhile to know you’re there
A breath away’s not far
To where you are

Are you gently sleeping
Here inside my dream
And isn’t faith believing
All power can’t be seen

As my heart holds you
Just one beat away
I cherish all you gave me everyday
’cause you are mine
Forever love
Watching me from up above

And I believe
That angels breathe
And that love will live on and never leave

Leave a Reply

