The Help – Kathryn Stockett

Dikasih oleh sang penerjemah mbak Uci *peluk peluk mbak Uci*
Sepertinya saya memang berjodoh dengan buku ini *lebay dikit gpp ya* dari beberapa bulan yang lalu saat beberapa teman di goodreads membaca buku ini saya sudah tertarik dengan cover 3 burung ungunya itu. Saat beredar buku terjemahannya malah jadi lebih tertarik untuk baca, covernya lebih indah lagi. Gara-gara sudah jatuh cinta inilah, saya tidak berani banyak-banyak baca review, takut spoiler, hehe. Hanya saja dari gambar cover sudah tersirat buku ini bernafaskan isu rasial dan dari browsing sekilas di amazon, rata-rata buku ini dapat 4-5 bintang.

The Help

The Help

Buku setebal 537 halaman ini terbagi atas 3 kisah.
Aibileen
Sepertinya setiap orang akan menyukai karakter Aibileen. Bagaimana tidak, sebagai seorang pekerja dan pengasuh anak, ia mencintai Mae Mobley seperti anaknya sendiri. Plus ia mengajarkan nilai kehidupan yang dilewatkan begitu saja oleh ibu si anak itu sendiri, miss Leefolt.

Minny
Nah, kalau ini jagoan saya :p
Dari 3 sudut pandang (Aibileen, Minny, miss Skeeter) saya paling suka dari sisi Minny. Celetukannya menyegarkan dan terkadang membuat saya tertawa. Tempramennya meledak-ledak, terlebih lagi ia bekerja di rumah miss Celia yang dongok abis, saya bayanginnya mirip Pamela Anderson gitu (yak, semuanya mirip).

Miss Skeeter, wanita kulit putih yang semakin hari semakin menyadari perbedaan dirinya dengan teman-temannya. Pintar menulis dan bertekad menjadi jurnalis. Diawali dengan kolumnis kecil yang membahas tentang bagaimana cara merawat rumah, padahal ia sama sekali tidak pernah membersihkan rumah. Sehingga ia meminta bantuan Aibileen untuk menjawab pertanyaan di koran dan menjadi dekat dengan Aibileen. Terlebih lagi ternyata Aibileen kenal dengan Constantine, pengasuh kulit hitamnya sedari kecil yang tiba-tiba menghilang dari rumah.

Seiring dengan pertemuan Aibileen dan miss Skeeter yang mulai meningkat, tens cerita mulai tambah seru. Miss Skeeter yang melihat sendiri perbedaan antara kulit putih dan kulit hitam, berpikir untuk menerbitkan buku. Bagaimana rasanya wanita warga kelas bawah bekerja dengan kulit putih? Bagaimana suara hati seseorang yang senantiasa dianggap kotor, rendah dan berbeda? Dan apa sebenarnya yang terjadi dengan Constantine? Kenapa Aibileen selalu mengelak jika ditanya mengenai Constantine?

Yak, kira-kira seperti itulah garis besar buku ini.
Kenapa 5 bintang?
Buku ini seakan memiliki jiwa, saya merasakan setiap emosi di sini. Cinta. Benci. Marah. Sakit hati. Lepas. Bebas. Bahagia. Saya ikut merasakan kedongkolan Minny saat majikannya mabuk dan melontarkan pernyataan tolol. Saat membaca dari sudut pandang Aibileen, seakan mama saya hadir kembali, karena aura keibuannya yang sangat kuat. Aibileen menjadi tokoh favorit dalam novel yang saya baca nih sepanjang tahun 2010 ini. Dan saat miss Skeeter berhasil membukukan wawancaranya, saya ikutan girang.

Covernya, me likey so much. *mbak Anne Mariane, top banget dah* Oia, saya juga ngefans banget dengan hasil karya mbak Anne Mariane beberapa contohnya Biro Jodoh Kaum Elite, Blue Remembered Heels saya suka semuanya. #jadipengenbisagambar

5 thoughts on “The Help – Kathryn Stockett

  1. Aleetha says:

    Aku suka banget buku ini.
    Errr..pada dasarnya emang suka sih genrenya.

    Chapter favoritku tuh yang ada Mae Mobleynya.
    Gemes banget ma anak itu.

    Kalau ada waktu pengen baca ulang😄

  2. Pingback: THE HELP | LAMFARO
  3. Giatry says:

    mbak Mia,,,
    beli buku terjemahan ini dimana yah?
    soalnya aku juga tertarik…
    dan susah cari nya.
    lokasi saya di bandung….
    mohon infonya yah mbak,,,,
    email ke aku aja ya mbak,
    thanks a lot mbak ^^

  4. Pingback: THE HELP |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s