Kat, si medium cilik

“I see dead people …”, bagi penggemar film horor pasti familiar dengan kalimat Haley Joel Osmen yang berperan sebagai anak kecil yang mampu melihat arwah orang mati. Arwah penasaran yang belum bisa meninggalkan dunia karena urusan mereka belum selesai.

Kali ini Atria menerbitkan serial remaja Suddenly Supernatural dengan Kat, seorang medium cilik yang mampu melihat arwah sebagai tokoh utamanya, mirip dengan tokoh utama film 6th sense.

Arwah di sekolah

Arwah di sekolah

Sebagai remaja, tanpa adanya hantu-hantuan dan ibunya yang berprofesi sebagai cenayang, hidup Kat sudah penuh dengan masalah. Kat bukan gadis yang termasuk gadis populer malah cenderung menjadi bulan-bulanan kumpulan ‘mean girls’ di sekolahnya.

Kemampuan melihat hantu mulai muncul saat ia berusia 13 tahun, mau diabaikan salah, mau terus terang kepada ibunya Kat juga masih pikir-pikir. Tapi di saat hantu perempuan berkepang dua dengan seragam sekolah butut kerap muncul di perpustakaan sekolah, Kat mulai menyadari takdirnya. Siapa gadis itu? Apa hubungannya dengan Jac, teman baru Kat yang juga adalah seorang pemain Celo? Berhasil Kat dan Jac membantu arwah gadis berkepang dua itu?Baca sendiri untuk tahu lanjutannya.🙂

Terus terang, awalnya saya takut membaca buku Suddenly Supernatural, untungnya buku setebal 207 halaman lebih menceritakan problematika Kat sebagai remaja ketimbang menakut-nakuti pembaca dengan arwah gentayangan. Remaja memang sering kali menjadi tokoh sentral buku young adult. Masa remaja adalah masa yang paling menyenangkan, menyedihkan, paling ingin dikenang dan paling ingin dilupakan. Kompleks. Krisis identitas juga sering terjadi pada usia remaja. Sama halnya dengan Kat, pribadinya yang penyendiri dan asumsi teman-temannya tentang ibunya yang aneh, mau tak mau membuat Kat menjadi rendah diri. Untungnya ada Jac, teman baru yang langsung akrab dengannya malah membuat Kat membuka diri dan bersama-sama mereka menyelidiki kasus arwah di perpustakaan sekolah.

Serial ini langsung menjadi serial baru favorit saya, perpaduan Malory Towers, The Mediator adalah kombinasi yang pas untuk melukiskan Suddenly Supernatural, seru dan menegangkan! Petualangan Kat dan Jac mencari penyelesaian masalah arwah gadis di  perpustakaan membuat buku ini sayang untuk dilewatkan, lagian jarang-jarang kan ada buku Young Adult mengangkat tema arwah di sekolah?

Kisah Kat masih dapat kita nikmati karena serial ini di luar sudah sampai seri ke 4 dan dengar-dengar sih penerbit Atria segera menerbitkan buku keduanya yang berjudul Scaredy Kat. Ketimbang cover aslinya saya lebih suka cover Atria, karena lebih tidak seram :p

Boo!

Boo!

Elizabeth Cody Kimmel sepertinya memang menyukai hal-hal gothic dan berbau supernatural, ia juga menulis serial Lily B. yang kembali mengambil tokoh utama gadis remaja belasan tahun. Website resmi Suddenly Supernatural keren juga loh! Kita bisa bermain kartu Tarot dan bertanya pada bola kristal, ada yang berminat menjadi penerus Kat?🙂

Detail buku : Arwah di Sekolah. Suddenly Supernatural #1. Elizabeth Cody Kimmel. Alih bahasa : Barokah Ruziati, cetakan I, Februari 2011. 207 halaman.

11 thoughts on “Kat, si medium cilik

  1. annisaanggiana says:

    Udah sering liat di toko buku nih, tapi karena covernya tampak seperti buku anak-anak jd ngga pernah dilirik lebih lanjut, padahal baca reviewmu kayaknya rame.. *don’t judge a book by it’s cover* hehe..

  2. Novita says:

    sebenernya keluargaku ada keturunan cenayangnya lho mi..boleh percaya boleh engga.hihiiihi..untung aku gak mewarisinya..yg mewarisi adeknya mamaku,nurun ke anaknya pula yg ke1 n 2.ahihihi.. btw..aku lebih suka cover aslinya..

  3. miamembaca says:

    Annisa : haha, kalo aku demen buku anak-anak sih Nisa, jadi sudah tertarik pas awal diterbitkan, yang bikin ragu-ragu baca ya hantunya ini lho hehehe

    Nophie : Aaaah serem Nov, di keluargaku sih ga ada temenku yang ada dan aku wanti-wanti bilang, klo ada apa2 janganbilang-bilang! hahahah. Rame nih buku, mudah-mudahan diterbitin semua ma Atria.

  4. fca says:

    temanku juga ada yang punya kemampuan supranatural kayak gitu,hehehe untung aja aku gak punya..ngeri juga bayangin bisa lihat arwah-arwah gitu…hehehe
    emang sih novel ini aku dengar banyak yang suka, apalagi di review ini mbak mia bilang serial ini seperti perpaduan malory towers sama the mediator..(ya ampun serial yang dua-duanya bagus)jadi makin tertarik deh..

  5. carolinezenia says:

    aku baca! aku baca! hahahaha…heboh sendiri😀

    kaget banget waktu baca judul blog mu ini Mia…aku baru beli buku tiga-nya. buku dua udah beli tapi belum sempet baca. ceritanya sederhana, tapi enggak terlalu anak-anak banget ya…hehehehe…ternyata kita sama-sama baca…asikkkk!!

  6. ana says:

    miaaa >.<
    udah gede ngga boleh takut sama hantu2an… *pentung*

    btw kalo atria nerbitin buku dengan cover yang mirip2 gitu, dia bayar hak cipta juga ngga ya..

  7. astrid says:

    ihhh pengen tapi belum kesampean beli…banyak juga liat buku ini bertengger pas kemaren ke US. eh tapi beneran deh, kebanyakan buku YA yg lagi hits di sana tnyata udh diterjemahin atria. Bravo! =)

  8. miamembaca says:

    Ana : *usep-usep kepala habis dipentung Ana* :p

    Ze : haha, ayo ayo mari dihabiskan sisa tumpukan buku yang menumpuk Ze, bagus ya buku ini, aku suka🙂

    Annisa : bagus kok Nis, buku duanya juga bakal terbit bentar lagi🙂 Ayo dikoleksi.

    Fca : Aduh bener, banyak juga ya yang punya kelebihan begini, err itu termausk kelebihan atau apa ya :p Saya The Mediator belom baca, Fca, saking banyak yg bilang bagus dan berkutat dengan hantu juga makanya terbersit pas nulis reviewnya hehe.

    Maya : aduh Maya jangan dong ;p

    Astrid : Holaaa kangen dirimu🙂 Iya Atria sekarang banter juga nih produksi buku barunya, kita kita sebagai pelahap maut buku diuntungkan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s