[Curhat] Perubahan selera, jenuh atau memang tambah tua?

Di kala buku yang saya baca sejak bulan Desember sampai sekarang berturut-turut dapat bintang 2 terus mau tak mau membuat saya introspeksi diri, yang salah bukunya atau kejenuhan membaca buku atau memang dengan bertambahnya umur selera bacaan mulai bergeser? Walau bintang 2 masih layak baca kalau menurut saya, wong rata-rata 4 buku terakhir ratingnya di atas 3,5 bahkan ada yang 4.

Mungkin memang saya yang perlu rehat membaca buku romansa anak muda yang akhir-akhir ini sering kali bersambung atau karena permasalahan yang muncul sering kali dangkal serta mudah tertebak juga. Ah entahlah seperti yang sudah pernah saya singgung sebelumnya dan akan saya jadikan resolusi 2012 adalah menghabiskan tumpukan buku yang sudah bertahun-tahun menumpuk di rak, berusaha lebih banyak membaca klasik dan non fiksi, magnet buku Young Adult plus fantasi memang masih kuat tapi mungkin saya akan berusaha lebih selektif dalam memilih. Mencoba juga untuk menahan godaan membeli buku baru yang sedang ‘hype’ karena belum tentu yang digembor-gemborkan itu segitu bagusnya.

Sekalian curhat lagi soal buku swap yang tadi saya posting di grup BBI, sebenarnya ada rasa sayang untuk diberikan ke orang tapi saya pikir lagi ketimbang rak buku tak jelas bentuk rimbanya, ada baiknya buku-buku itu dibarikan ke para pencinta buku yang belum membacanya sehingga saya bisa lebih fokus melihat buku mana saja yang belum dibaca. Dan alamak, banyaak T.T mudah-mudahan ini menjadi pemicu semangat untuk segera menggenapi resolusi 2012.

Night night!

-curcol ga penting-

kamar atas, 23.10wita

11 thoughts on “[Curhat] Perubahan selera, jenuh atau memang tambah tua?

  1. okeyzz says:

    *pukpuk mba Mia

    Kalau soal usia, well YA itu dibaca kapan aja tetep menyenangkan kok😛

    Mungkin mba Mia cuma jenuh aja~
    Coba libur membaca dua minggu, digantikan dg aktivitas lain kayak nonton dsb gitu mba..

  2. putriutama says:

    mungkin emang karena udah jenuh Mia…. coba semua buku itu nggak dipegang selama beberapa minggu dan nggak terlibat sama sekali dengan yang namanya buku…. tapi bisa nggak ya??? susah jauh dari buku soalnya kalo dah gila baca….

  3. helvry says:

    menurutku, tumpukan nggak perlu dihabiskan kak mia, justru kenikmatan membaca menurutku adalah ketika bebas memilih apa yang mau dibaca. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan baca bareng buku yang sama dengan teman-teman. itu lebih seru karena bisa kita diskusikan isi bukunya.
    tetap semangat🙂

  4. ana says:

    miaaaaaaaaaaaaa
    semangat dung!

    kayaknya kamu butuh vacation mi.. liburan ke Raja Ampat sama racap paling ngga bisa ngurangin kejenuhan.. hihihi..

  5. renpuspita says:

    Kalo misal jenuh ga perlu dipaksain Mia🙂
    Aku aja yang sekarang nyaris burn-out novel romance, akhirnya malah baca- baca buku non fiksi. Lumayan kan nambah ilmu juga.
    Sekalian ganti genre juga, sekali – kali keluar dari zona nyaman, untuk mencari zona nyaman yang lain

    NB : godaan buku yang lagi “hype” emang menggiurkan

  6. ravi says:

    kalau jenis buku yang biasa dibaca sudah tinggal dapet 2 bintang, mungkin mia perlu ganti genre atau baca buku yg lebih susah/menantang.
    Dan buku yg sudah dibeli ngga harus dibaca saat ini. Kan lebih banyak pilihan untuk dibaca lebih baik? anggap aja tabungan buat dibaca kapan2 (yang penting tetap beli buku baru…hehehe..)

  7. ijul says:

    he-eh…setuju lah ama saran-saran dari para penggila buku di atas tuhhh…libur sebentar dari membaca mungkin manjur mengobati (bisa nggak ya, lha wong nama blognya aja Mia Membaca, kan?, hihihi), meski klo buat gw sih buku itu pengusir bosan ketika harus menunggu (dan sendirian), dan secara gw masih single jadinya ngapa2in sendiri..maka bukulah yang ngobatin kesepian…

    —-halah, lha kok gw yg curcol—-abaikan

Leave a Reply

