Buku Favorit 2012

Saya senang banget kalau sudah bagian membuat listopia akhir tahun begini🙂

Book Kaleidoscope

Book Kaleidoscope

Buku yang saya baca tahun ini berkurang lebih dari 35 buah dari tahun lalu, penurunan yang cukup drastis *sigh*. Untungnya saat memilih 5 buku terbaik saya lumayan kesulitan menyortir 5 dari 10 buku favorit tahun 2012. Penilaian buku favorit saya buat berdasar ‘after effect’ buku yang dibaca dan bintang penuh di Goodreads. Tanpa berlama-lama inilah 5 buku terbaik yang saya baca tahun ini diurut berdasarkan waktu pembacaan.

1. A Thousand Splendid Suns – Khaled Hosseini

A Thousand Splendid Suns

A Thousand Splendid Suns

Mewek, meringis, ngilu, nyesek dan tetap indah untuk dibaca. Bagus sangat. Enough said🙂

Bagi yang penasaran, bisa dicek ulang review saya di sini.

2. The Girl with Dragon Tattoo – Stieg Larsson

The Girl with Dragon Tattoo

The Girl with Dragon Tattoo

Hadiah dari Secret Santa 2011, buku yang benar-benar berkesan. Sampai sekarang buku terakhir masih sayang dibaca karena belum rela berpisah dengan tokoh utamanya, Lisbeth Salander.

Brutal, fast-paced, memorable. Masih tidak rela penulisnya telah tiada >.<

Belum baca buku ini? Masih belum terlambat untuk memulainya dan monggo dicek reviewnya di sini.

3. Eleven Minutes – Paulo Coelho

Saya lebih suka Eleven Minutes dibanding The Alchemist mungkin karena tokohnya terkesan lebih nyata dan karakter Maria sangatlah menarik. Selain itu quote-quote Paul Coelho tidak usah dipertanyakan lagi. Juara.

Eleven Minutes

Eleven Minutes

4. The Good Earth – Pearl S. Buck

The Good Earth

The Good Earth

Salah satu ciri khas Pearl S. Buck yang saya suka adalah gaya penulisannya yang mendetail, deskriptif tanpa ingin tampil berlebihan. Apa adanya. Sehingga penggambaran daratan Cina jaman dulu di buku The Good Earth berhasil dilukiskan dengan sempurna. Masing-masing tokohnya pun berhasil memikat hati saya walau konflik yang ditonjolkan kurang dramatis. Wajar saja jika The Good Earth masuk dalam list 1001 books you should read before you die.

5. Will Grayson Will Grayson – John Green & David Levithan

Will Grayson Will Grayson

Will Grayson Will Grayson

Baru direview beberapa hari lalu, jadi sepertinya tidak perlu alasan lagi kenapa buku ini masuk dalam buku favorit tahun ini. :p

Funny, touching and well writen.

Hiyaak, itu dia list bacaan saya, saatnya blogwalking dan sampai jumpa di listopia tahun depan. Happy holiday everyone!

 

One thought on “Buku Favorit 2012

Leave a Reply

