Gramedia · Metropop

Rule of Third – Suarcani

Cinta selalu memaafkan. Begitulah setidaknya yang dipercaya Ladys, sehingga selalu ada kesempatan kedua. Ladys meninggalkan ayah dan pekerjaannya sebagai fotografer fashion di Seoul untuk mengejar cintanya kepada Esa di pulau Bali. Pulau yang menyimpan berbagai kenangan baik manis maupun buruk, atas nama cinta Ladys berusaha membuktikan kepada dirinya dan ayahnya bahwa dengan menyimpan amarah berkepanjangan sama saja dengan menunda bahagia.

Dias, seorang fotografer pendiam yang menyimpan banyak misteri dan luka masa lalu. Perceraian orang tua, kesulitan ekonomi sampai kebiasaanya mengunyah apel Fuji membuat Ladys terbengong-bengong.  Sering kali akibat karakter mereka yang bertolak belakang, pertengkaran pun muncul. Dimulai dengan kejadian rules of third, saat Dias mengoreksi keahlian foto Ladys saat mereka bekerja bersama dalam sesi foto prewedding. Ladys kesal dengan gaya blak-blakan Dias, namun seiring waktu Ladys malah terbiasa dengan Dias yang dingin dan tanpa mereka sadari, kehangatan mulai timbul di antara mereka.

r

Saya sebagai seorang warga Bali sangat senang dengan nuansa Bali yang mengiringi Rules of Third, tidak sebagai tempelan dan thank-god-bukan-hanya-kuta-seminyak-ubud, Suarcani menambahkan lokasi-lokasi tempat saya main saat kecil bersama oma saya, Pasar Kumbasari! Ah senangnya! Saya yang rumahnya juga di sekitar lokasi kantor Ladys dan Dias malah jadi menebak-nebak jangan-jangan saya pernah berpapasan dengan Mbak Suarcani nih saat menulis 🙂

Setelah lumayan lama tidak membaca Metropop dan dengan alur awal Rule of Third sejujurnya saya sempat menebak ke mana arah novel ini. Ternyata tebakan saya salah, penulis menyisipkan tentang hangatnya berkumpul bersama keluarga, tentang kerasnya hidup yang tidak harus dibalas dengan keras dan ketus dan memaafkan bukan hal yang mudah. Memaafkan butuh suatu proses namun semuanya dibayar dengan indah, bisa jadi seindah foto prewedding di Pantai Suluban 🙂

Selamat membaca novel Rule of Third, selain berkenalan dengan Ladys dan Dias yang bawaanya pengen saya peluk #eh, banyak informasi tentang ilmu fotografi yang bisa didapat! Salah satunya adalah saya jadi tahu kegunaan garis-garis saat hendak posting di Instagram 🙂

4 thoughts on “Rule of Third – Suarcani

Leave a comment